Jumat, Februari 15

Cloud Computing, Revolusi Besar IT 2013


Salah satu trend yang akan booming pada tahun 2013 adalah komputasi awan.
Itulah yang diramalkan oleh Gartner, sebuah lembaga riset terkenal. Komputasi awan atau biasa disebut dengan Cloud Computing dalam bahasa Inggris merupakan kombinasi antara teknologi komputer dan teknologi Internet.
FYI, awan adalah istilah metafora yang diberikan pada Internet.

Kok disebutnya “awan”? Penamaan ini didasari karna sifat awan yang menyembunyikan segala sesuatu dibaliknya.
Demikian juga Internet, karena dibalik tampilannya yang sederhana, Internet juga menyembunyikan atau mengandung jutaan informasi didalamnya. Cloud Computin dijelaskan suatu sistem raksasa dimana sistem tersebut merupakan sistem penyimpanan permanen terhadap seluruh informasi digital di dunia, dimana para penggunanya di seluruh dunia tidak mengetahui siapa pengendali informasi, apa saja informasi yang terkandung dalam “awan”, dan juga tidak dapat mengatur infrastruktur teknologi yang menjadi “pilarnya”.
 
Seluruh komputer tablet, akan bersifat non permanen atau sementara. Ini berarti, “awan” telah bermetamorfosis sebagai drive abadi bagi setiap pengguna komputer.
Dengan adanya Cloud Computing, maka pengguna komputer di seluruh dunia lama lama akan sangat tergantung kepada “awan” atau Internet. Internet akan menyediakan seluruh kebutuhan terhadap pengguna komputer di seluruh dunia, nih. Contoh sederhana yang dapat diberikan yaaa fenomena Google Apps. Google Apps itu penyedia aplikasi yang hanya bisa diakses dengan browser yang terintegrasi dengan software yang dikembangkan Google dan server Google.


Baru-baru ini terdapat pengembangan menarik dari Cloud Computing yang biasa disebut sebagai iCloud. iCloud sendiri merupakan “awan” yang dibuat oleh Apple.
Samsung ga mau kalah ni. Perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini mengenalkan Samsung Electronics SW Consolidation Plan, yang biasa disebut orang sebagai “S Cloud”. Secara general, S Cloud sangat mirip dengan iCloud. Beda dengan iCloud, Samsung ga menggunakan OS ciptaan sendiri, dia menggunakan OS buatan Microsoft.

Terlepas dari itu semua, cloud computing telah menjadi fenomena di tahun 2012 dan akan semakin booming di tahun 2013 dan tahun-tahun sesudahnya, karena telah merevolusi kebiasaan pengguna komputer dalam menyimpan data-data digitalnya.

Sumber : Warta Warga, Gunadarma University

Tidak ada komentar:

Posting Komentar